Sabtu, 17 September 2011

Cara Budidaya Ikan

Ikan merupakan makanan yang banyak digemari. Tingginya permintaan akan ikan di indonesia, dan kurangnya pasokan akan ikan. maka Budidaya Ikan adalah prospek yang cukup bagus untuk dilakukan. disamping iyu banyak pilihan akan Budidaya ikan. kita dapat memilih Budidaya ikan apa yang cocok untuk kita budidayakan. Tidak hanya ikan untuk konsumsi saja yang prospek budidayanya bagus tetapi ikan hias tak kalah untuk dibudidayakan, selain permintaan tinggi, harga ikan hias juga cukup tinggi, bahkan harganya dapat mencapai jutaan. banyak pilihan ikan apa yang akan kita budidayakan.
Jenis – jenis Ikan Hias :
Budidaya Ikan Arwana
Ikan arwana sudah cukup populer di Indonesia, ikan arwana dibudidayakan karena indahnya ikan hias ini yang banyak membuat orang tergila-gila. disamping keindahannya Budidaya Ikan Arwana banyak orang yang konon katanya ikan ini mendatangkan Hoki jika kita memilikinya.
Budidaya Ikan Cupang
Untuk membudiayakan atau mengembangkan ikan cupang hias tidaklah memerlukan lahan yang luas, cukup menyediakan areal sekitar 5 meter persegi. Di Wilayah Jakarta Pusat budidaya ikan cupang ada yang dilakukan diatas dak rumah dan dipekarangan yang relatif sempit, dengan menggunakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium. Ikan ini relatif mudah dipelihara dan dibudidayakan, karena tidak memerlukan pakan khusus. Pakan ikan untuk benih biasanya digunakan pakan alami berupa kutu air atau daphnia sp. yang dapat ditemukan di selokan yang airnya tergenang. Untuk induk cupang digunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk (cuk). Untuk pertumbuhan anak ikan bisa diberi kutu air dan diselingi dengan cacing rambut, akan lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan.
Jenis – Jenis Ikan Konsumsi :
Budidaya Udang

Budidaya udang windu di Indonesia dimulai pada awal tahun 1980-an, dan mencapai puncak produksi pada tahun 1985-1995. Sehingga pada kurun waktu tersebut udang windu merupakan penghasil devisa terbesar pada produk perikanan. Budidaya Udang berprospek bagus karena semakin banyaknya permintaan akan rumah makan yang banyak memilih Udang sebagai menu utama.
Budidaya Ikan Bawal
Usaha Budidaya Ikan Bawal dilakukan dengan maksud untuk memperoleh ikan ukurankonsumsi atau ukuran yang disenangi oleh konsumen. Pembesaran ikan bawal dapat dilakukan di kolam tanah maupun kolam permanen, baik secaramonokultur maupun polikultur. Budidaya Ikan Bawal air tawar saat ini banyak diminati sebagaiikan konsumsi dan cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Ikan Bawal mempunyai beberapa keistimewaan antara lain :
Pertumbuhannya cukup cepat , Nafsu makan tinggi serta termasuk pemakan segalanya (OMNIVORA) yangcondong lebih banyak makan dedaunan. Ketahanan yang tinggi terhadap kondisi limnologis yang kurang baik. Disamping itu rasa dagingnya pun cukup enak, hampir menyerupai dagingikan Gurami.
Ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan panjang berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiru-biruan. Ikan patin dikenal sebagai komoditi yang berprospek cerah, karena memiliki harga jual yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan ikan patin mendapat perhatian dan diminati oleh para pengusaha untuk membudidayakannya. Ikan ini cukup responsif terhadap pemberian makanan tambahan. Pada pembudidayaan, dalam usia enam bulan ikan patin bisa mencapai panjang 35-40 cm. Sebagai keluarga Pangasidae, ikan ini tidak membutuhkan perairan yang mengalir untuk “membongsorkan“ tubuhnya. Pada perairan yang tidak mengalir dengan kandungan oksigen rendahpun sudah memenuhi syarat untuk membesarkan ikan ini.
Gurame merupakan ikan yang memiliki pertumbuhan agak lambat namun harganya relatif meningkat setiap saat. Jenis ikan ini cocok di Budidayakan di daerah mana saja karena tidak memerlukan air yang mengalir. Ikan gurame meskipun harganya cukup mahal tetapi ikan ini mempunyai rasa yang sangat lezat, maka tak sedikit orang yang mengidolakan ikan gurame ini. Hal ini membuat prospek yang baik untuk kita para peternak ikan gurame ini.
Budidaya Ikan Nila
Ikan Nila merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan memanjang pipih kesamping dan lunak. Ikan mas sudah dipelihara sejak tahun 475 sebelum masehi di Cina. Di Indonesia ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Ikan mas Punten dan Majalaya merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.
Budidaya Ikan Lele
Lele merupakan jenis ikan yang digemari masyarakat, dengan rasa yang lezat, daging empuk, duri teratur dan dapat disajikan dalam berbagai macam menu masakan. Budidaya Ikan Lele pun juga tergolong mudah. tetapi Budidaya lele berbeda dengan budidaya ikan yang laen. ikan lele memerlukan pasokan makanan yang cukup, jangan sampai pakan ikan lele jangan sampai terlambat, karena akan sangat mempengaruhi berat lele. jika pakan terlambat maka berat lele akan sangat terlihat menurun yang mengakibatkan kerugian pada kita.
Tags:pembudidayaan lele,cara budidaya ikan arwana,cara budidaya ikan yg baik,budidaya arwana di kolam permanen,cara budidaya ikan koi,membibit ikan,pelihara ikan bawal,budidaya kutu air,cara memelihara ikan mas dalam bak semen,teknik budidaya ikan hias

0 komentar:

Poskan Komentar